Pembangunan Jabar Bagian Selatan, Upaya Pemdaprov Lakukan Pemerataan

Pembangunan Jabar Bagian Selatan, Upaya Pemdaprov Lakukan Pemerataan

BANDUNG - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) mengklaim punya  tiga skenario untuk pemulihan ekonomi diwilayahnya.

Menurut Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, sekrenario yang pertama adalah penyelamatan. Artinya, fokus pada tenaga kerja di berbagai sektor usaha dan menghidupkan kembali UMKM yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Skenario kedua adalah pemulihan. Dalam skenario ini berfokus pada penyerapan tenaga kerja di berbagai sektor usaha, membuka bisnis, berinvestasi dan membuka industri besar.

Sedangkan skenario ketiga adalah normalisasi dengan fokus pada kelanjutan program pemulihan dan sektor ekonomi lainnya secara normal, termasuk pengembangan infrastruktur melalui KPBU dan obligasi.

\"Tiga skenario ini akan kita kejar demi pulihnya ekonomi di Jawa Barat,\" tutur Wagub Uu dalam Rapat Pembahasan Potensi Komoditas Jagung untuk Pengembangan Jawa Barat Selatan di Kantor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Selasa (5/10).

Uu mengatakan, Pemdaprov Jabar saat ini terus berupaya mewujudkan pemerataan perekonomian. Salah satunya dengan intens membangun Jawa Barat di wilayah selatan.

Sejumlah program pun terus diakselerasikan, mulai dari pembangunan Jalur Tengah Selatan (JTS), pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), hingga pengembangan desa-desa wisata.

\"Selain itu, sektor perikanan dan kelautan tentunya patut untuk diperjuangkan. Tanah yang subur juga jadi potensi yang kuat untuk mengembangkan sektor perkebunan dan pertanian,\" katanya. (jun)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: